Sabtu, 04 April 2015

APLIKASI PARSING DATA SEDERHANA C#



Parsing Data – String C#


Haiii....
Kali ini saya ingin berbagi apa yang telah saya praktekkan tentang grapichs di C# untuk membuat aplikasi parsing data sederhana pada bahasa pemrograman C#.

TEORI: 
     Protocol komunikasi di internet sudah kita ketahui bahwa sangat bergantung pada format teks. Ketika anda melakukan browsing kegoogle.com, maka yang terjadi adalah pertukaran string teks terus-menerus antara router-router sampai dengan server google. Misalnya awal dari protokol ditandai dengan karakter “abcde”, akhir dari satu paket protokol ditandai dengan flag “edcba”. Kemudian 2 byte berikutnya menunjukkan source port, diikuti 2 byte destination address. Lalu HLEN sebanyak 5 byte yang menunjukkan banyaknya data. Setelah itu data sebanyak HLEN. Terdapat trailer 4 byte, sebelum ditutup CRC 4 byte. Buat program untuk memisah-misahkan satu paket protokol. Misalnya data yang diterima dari internet sebagai berikut: *&(ikh)(abcde304900015halo apa kabar?okeh5986edcbaio test*0iou. Program anda harus bisa mengambil satu paket protokol yang ditandai dengan flag awal dan akhir protokol. Kemudian memisah-misahkan source port, destination , data dan trailer.

Nahh, dari teori diatas kita akan membuat aplikasi untuk parsing data sesuai ketentuan yang diinginkan. Berikut ini langkah-langkah nya :
1. Buka aplikasi sharpdevelop
2. Setelah dibuka, akan muncul jendela pilihan seperti gambar dibawah ini. Klik New solution


3. Pilih Windows Application > lalu ketikkan nama file nya > create.

4. Akan muncul dinding baru untuk kita memulai membuat aplikasinya. Pilih tab bertuliskan “Design” untuk membuat desain aplikasi yang diinginkan.

5. Maka akan muncul form template aplikasi windowsnya, desain sesuai keinginan anda, ini contoh desain saya. Praktek kali ini menggunakan 9 Label, 7 textbox, 2 button.
NB : untuk memilih Checkbox, button, label, dan textbox dapat di pilih di bagian Tool seperti pada gambar di bawah ini

6. Pilih tab Source, lalu buat programnya. Ini contoh program saya:

7. Setelah program selesai, runningkan/jalankan programnya dengan meng-klik simbol seperti berikut.

8. Setelah meng-klik tombol tersebut dan tidak ada error berarti program yang anda buat berhasil. Berikut tampilan hasil programnya :



Cukup sekian postingan saya kali ini ya, semoga bermanfaat dan selamat mencoba guys !!! ^^

link youtube video tutorial: https://youtu.be/W55JIwDMq40


Tidak ada komentar:

Posting Komentar