Jumat, 27 Maret 2015

Pemakaian Graphics di SharpDevelop dalam Aplikasi Windows Sederhana

PRAKTIKUM V – Graphics


I. Tujuan
• Mempelajari pemakaian Graphics di SharpDevelop
• Mengetahui kegunaan Graphics di SharpDevelop
• Dapat mengunakan Graphics dalam aplikasi windows sederhana

II. Dasar Teori
     Mouse adalah salah satu input komputer yang sangat penting. Mouse sangat dibutuhkan untuk berinteraksi dengan GUI aplikasi Windows. Dengan mouse, user dapat mengarahkan kursor, menge-klik maupun menge-drag sebuah object. Menekan, melepaskan tombol mouse maupun menggerakkan kursor mouse akan menghasilkan event. Pada praktikum ini kita mencoba memanfaatkan event-event mouse tersebut untuk menggambar grafik. Untuk menggambar pada form, atau object lain sebagai base menggambar, kita akan menggunakan object Graphics. Di dalam object ini terdapat beberapa method untuk menggambar text, garis, persegi panjang dan elips.

III. Praktikum
Pertama-tama kita harus mendeklarasikan object Graphics, dan kita letakkan sebagai global.
private Graphics objGraphic;
Kemudian baru kita buat instance object-nya. Untuk class Graphics, kita tidak bisa mendeklarasikan lalu langsung membuat instancenya. Karena method CreateGraphics tidak bisa digunakan langsung ketika kita mendeklarasikan Graphics. Oleh karena itu, untuk membuat instance object, kita lakukan di event FormLoad.
objGraphic = CreateGraphics();
Kita mulai menggambar apabila tombol kiri mouse ditekan. Selama ini kita membuat program ketika tombol kiri mouse di-klik. Untuk menambahkan program apabila tombol kiri mouse ditekan (atau apapun selain klik), gunakan event yang ada di toolbox properties. Klik ganda pada MouseDown, maka kita akan dibawa ke source code untuk event OnMouseDown. Tambahkan program berikut:
if (e.Button == MouseButtons.Left) {
shouldPaint = true;
}
Variabel shouldPaint adalah variabel boolean yang harus kita deklarasikan di awal sebagai variabel global agar dapat diakses oleh semua fungsi.
private Graphics objGraphic;

private shouldPaint = false;
Kemudian agar aplikasi mulai menggambar ketika mouse digerakkan, maka kita harus membuat
program ketika mouse bergerak. Klik ganda pada MouseMove, maka kita akan dibawa
ke source code untuk event OnMouseMove. Tambahkan program berikut:
objGraphic.FillEllipse(new
SolidBrush(Color.BlueViolet), e.X, e.Y, intDiameter, intDiameter);
Statement di atas adalah untuk menggambar elips dengan menggunakan brush berwarna biru keunguan, di koordinat event X dan event Y, tinggi elips sebesar intDiameter, lebar elips sebesar
intDiameter juga alias lingkaran. Agar aplikasi berhenti menggambar ketika tombol mouse dilepas, kita harus menambahkan program di event OnMouseUp.
void MainFormMouseUp(object sender, MouseEventArgs e)
{
shouldPaint = false;
}

Jalankan program. Inilah hasilnya.
program sourcecode yang saya buat:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar